Ilmu Politik

ipolunsiq

  1. Prodi Ilmu Politik

UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Pada tahun Akademik 2015/2016 telah membuka prodi baru Ilmu Politik dengan SK Pendirian SK. No. 50/KP/III/2015 dari direktorat pendidikan tinggi akan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang sesuai dengan standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Struktur kurikulum masing-masing program studi sekurang-kurangnya mengacu kepada kualifikasi minimal yang dituntut oleh universitas, fakultas dan jurusan/program studi/konsentrasi.

Kualifikasi minimal ini meliputi kompetensi lintas jurusan/prodi, kompetensi dasar UNSIQ dan kompetensi utama Prodi sebagai bidang utama (major). Di samping kompetensi dasar dan utama ini mahasiswa didorong pula untuk memiliki kompetensi penunjang atau lainnya sebagai bidang tambahan (minor), diantaranya lulusan dari prodi ilmu politik menguasai ilmu-ilmu kealqur`anan dalam bidang ilmu politik.

Visi

Unggul dalam mengintegrasikan Keilmuan dibidang Politik berdasarkan nilai-nilai Qur’ani dengan berlandaskan sikap humanis pada tahun 2027″.

 

Misi

  1. Menyiapkan lulusan yang profesional dan memiliki daya saing serta berlandasan sikap humanis dan berakhlaq Qur’ani dengan menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas.

  2. Menghasilkan lulusan yang dapat mentransformasikan Ilmu Politik serta memiliki intelektual dan profesional di bidangnya dengan landasan sikap religius Qur’ani.

  3. Memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat (stakeholders) melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

  4. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik dan bersih serta menjalin kerjasama dengan lembaga lain untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian dan publikasi karya ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap religius dan berakhlak Qur’ani, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja tinggi, sehingga menjadi tenaga akademis dan profesional yang tangguh serta memiliki daya saing di tingkat regional maupun nasional.

  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dalam bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep mengamati, menelaah, menganalisa dan memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah dan aplikasinya

  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

  4. Terwujudnya tata kelola program studi yang baik dan bersih serta dapat menjalin kerjasama dengan lembaga lain untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian dan publikasi karya ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat.

Dengan dukungan staf pengajar yang profesional yang bergeral Magister dan Doktor dalam bidang ilmu politik, ataupun yang terkait, Prodi Ilmu Politik FKSP UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo menawarkan iklim belajar yang kondusif dengan didukung fasilitas asrama mahasiswa yang berbasis pesantren di lingkungan kampus dan sekitar kampus juga menyediakan pondok pesantren tempat tinggal mahasiswa, serta lingkungan belajar yang Aman, Sehat, Rapi, Indah sebagai icon kabupaten Wonosobo, daerah tertinggi di propinsi Jawa Tengah.