Sejarah FKSP

PROFIL FAKULTAS KOMUNIKASI DAN SOSIAL POLITIK
UNSIQ JAWA TENGAH DI WONOSOBO
 
SEJARAH
               Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik awalnya bernama Fakultas Dakwah dan Komunikasi berdiri pada tahun 1988 bersama-sama dengan Fakultas Tarbiyah. Dimulai sejak berdirinya IIQ sampai berubahnya IIQ menjadi UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Fakultas Dakwah merupakan salah satu Fakultas perintis dari sebuah gagasan berdirinya lembaga pendidikan tinggi dengan nama Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ). Sesuai dengan surat rekomendasi Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Nomor 110/Kep.X.A/VIII/1988. Kemudian Surat Keputusan Ijin Operasional Dirjen Binbaga Departemen Agama RI Nomor: EP/PP.03.2/K/1771/89 dengan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dengan program pendidikan Strata 1 (S.1). Pada Tahun 1990 Fakultas Dakwah dengan Program Studi KPI Strata 1 (S.1) mendapat status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 200 Tahun 1990.
                 Sejak berdirinya IIQ dengan membukan 2 Fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Dakwah. Perkuliahan perdana Fakultas Dakwah dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Asy’ariyah dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 150 mahasiswa. Mereka sebagian besar adalah hafidz dan hafidzah yang dikirim dari masing-masing Pemerintah Kabupaten di wilayah Jawa Tengah.
                 Pada awal berdirinya Fakultas Dakwah sebagai Dekan dipercayakan kepada Drs. H Slamet. (1988-1993). Kemudian pada periode berikutnya (1994-1997) dekan Drs. Z. Sukawi, MA. Dalam perkembangannya Fakultas Dakwah mengalami peningkatan Status Terdaftar sampai meningkat statusnya menjadi Diakui. Sesuai dengan perkembangan perguruan tinggi agama Islam dan ketentuan yang berlaku, bahwa masing-masing fakultas minimal harus memiliki dua jurusan. Maka Fakultas Dakwah disamping Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), pada tahun 1996 Fakultas Dakwah bersama-sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Syari’ah menambah jurusan pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Pada periode periode berikutnya lagi (Tahun 1997-2004) dekan dipercayakan kepada Drs. Samsul Munir, M.A. Demikian pula pada periode berikutnya jabatan dekan masih dipercayakan kepada Drs. Samsul Munir, M.A. (2005-2009).
Dengan berubahnya IIQ menjadi UNSIQ sejak tahun 2001 berdasarkan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 87/D/0/2001, Fakultas Dakwah berubah nama manjadi Fakultas Dakwah & Komunikasi di bawah pembinaan Kopertais Wilayah X Jawa Tengan di Semarang.
Pada perkembangan berikutnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi, berubah nama dengan nama Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik. Adapun Program Studi yang ada yaitu KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) telah terakreditasi dengan peringkat B dari BAN PT: Nomor 010/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/1/2013.
PIMPINAN FAKULTAS KOMUNIKASI DAN SOSIAL POLITIK
Periode 2103 – 2017
Dekan                                    : Drs. Samsul Munir, M.A
Wakil Dekan             : Drs. Moh. Amin, M.Pd.I
Kabag TU                  : Dra. Rofiqoh Annur
Ketua Prodi KPI       : Ali Mu`tafi, M.S.I
Staf TU                       : Etis Egita

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *