Sejarah UNSIQ

SELAYANG PANDANG
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR`AN
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
 
Sejarah Berdirinya UNSIQ
Universitas Sains al-Qur`an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo didirikan atas Prakarsa al-Maghfurlah KH.Mntaha al-Hafidz (Pengauh Pondok Pesantren al-Asy`ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo) untuk mewujudkkan pesantren luhur al-Qur`an. Berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor 87/D/0/2001 berdirilah UNSIQ sebuah nama Perguruan Tinggi yang berarti Untaian Mutiara merupakan gabungan dari IIQ (Institut Ilmu al-Qur`an), AKPER IIQ dan STIEYPIIQ.
Dalam rangka menyiapkan pesantren luhur al-Qur`an tersebut, UNSIQ menerapkan sistem pendidikan yang memadukan Mutiara Luhur Keunggulan Pesantren dan Keunggulan Universitas Modern. Sehingga selain mahasiswa diajarkan ilmu terapan modern juga dibekali dengan ilmu keislaman yang berasal dari pesantren.
Daya Dukung Keunggulan
Pondok Pesantren Mahasiswa (PONPESMA) yang terpadu dengan kampus sebagai pusat pendidikan karakter
Pondok pesantren sekitar kampus yang diasuh oleh para dosen UNSIQ
Fasilitas perkuliahan dan laboratorium komputer, fisika, bahasa, kesehatan, elektronika, mesin, microteaching, peradilan dan bisnis
Suasana dan cuaca wonosobo yang sejuk sehingga nyaman untuk belajar, berolahraga dan bersosial sepanjang waktu
Tenaga pengajar yang handal (Guru Besar, Doktor, dan Magister), profesional dan memiliki semangat juang untuk meningkatkan SDM
Fasilitas pendukukung kegiatan mahasiswa, radio kampus, studio TV, studio Seni dan budaya.
VISI
“MENUJU UNIVERSITAS TRANSFORMATIF, HUMANIS DAN QUR’ANI.”
 
MISI
Menciptakan Lulusan yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan.
Lulusan UNSIQ yang dihasilkan mampu mentransformasikan nilai-nilai al-Quran dalam kehidupan. Artinya; pesan-pesan moral, ilmu pengetahuan, sejarah, perumpamaan dan sebagainya yang ada dalam al-Quran dapat teraplikasikan dalam sikap dan prilaku hidup keseharian semua civitas akademika, dalam rangka memberdayakan ilmu guna kesejahteraan manusia, seperti tugas atauamanahnya sebagai khalifah fi al-ardl.
Membentuk pribadi lulusan yang mampumemadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika budaya, sosial dan politik kebangsaan.
Karakter pribadi lulusan yang dihasilkan UNSIQ dapat memadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika budaya, sosial dan politik kebangsaan. Yakni pribadi yang mengembangkan sikap tasammuh (toleran), tawazun (seimbang), tawashuth (moderat) dari kebiasaan kehidupan santri pesantren dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya meminimalisir budaya politik kepentingan diri sendiri dan kelompok, mendahulukan maslahatu ‘ammah(kepentingan umum) masyarakat dan bangsa.
Civitas akademika dan lulusan UNSIQ dapat membudayakan kreatifitas, dan inovasi tiada henti dalam suasana diniyah, ilmiah dan ukhuwah dalam membantu memberikan solusi dari permasalahan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara..
Civitas akademika dan lulusan UNSIQ dapat membudayakan kreatifitas, dan inovasi tiada henti dalam suasana diniyah, ilmiah dan ukhuwah dalam membantu memberikan solusi dari permasalahan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Inovasi tiada henti ini merupakan langkah nyata dari kebermaknaan transformasi iptek yang positif untuk kesuksesan proses dan hasil belajar dengan tetap menjaga nilai-nilai humaniora yakni situasi kondisi masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia yang diniyah (religius).
Menciptakan lulusan UNSIQ yang responsif, konstruktif dalam menyikapi perubahan dan kemajuan sainstek.
Menciptakan lulusan yang memiliki sikap responsive dan konstruktif dalam menerima perubahan dan kemajuan sainstek ditujukan kepada semua civitas akademika penyelenggara perguruan tinggi UNSIQ, juga para lulusan yang diluluskan agar cerdas dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, seni dan teknologi, yang mana perubahan itu kadang lebih cepat dari kemajuan diri institusi UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.
Membudayakan karakter lulusan sebagai cendikiawan muslim yang mampu mengaktualisasikan mutiara luhur pesantren dan keungulan universitas modern dalam implementasirahmatan lil’alamin.
Membudayakan karakter lulusan sebagai cendikiawan muslim yang dapat mengaktualisasikan mutiara luhur pesantren dan keungulan universitas modern dalam implementasirahmatan lil’alamin merupakan upaya sungguh-sungguh dari kemampuan diri menuju optimalisasi peran manusia UNSIQ sebagai pengelola bumi Allah swt. yang unggul dan bermanfaat untuk lingkungan masyarakatnya masing-masing. Di samping itu, lulusan UNSIQ mampu mengembangkan peran yang kompetitif secara nasional dan regional di tingkat ASEAN dan ASIA BARAT (NEGARA ARAB).
Program Studi yang ada diselenggarakan Unversitas Sains Al Qur’an saat ini adalah :
No.
Fakultas
Program Studi
Jenjang
Status Akreditasi
1
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Pendidikan Agama Islam
S.1
Terakreditasi
Pendidikan Fisika
S.1
Terakreditasi
Pendidikan Guru MI
S.1
Terakreditasi
Pendidikan Bahasa Arab
S.1
Terakreditasi
Pendidikan Guru RA
S.1
Terakreditasi
2
Komunikasi dan Sosial Politik
Komunikasi Penyiaran Islam
S.1
Terakreditasi
Ilmu Politik
S.1
Terakreditasi
3
Syariah Hukum Islam
Akhwalus Syakhsiyah
S.1
Terakreditasi
Muamalah
S.1
Terakreditasi
Ilmu Qur’an dan Tafsir
S.1
Terakreditasi
Ilmu Hukum
S.1
Terakreditasi
Perbankan Syariah
S.1
Terakreditasi
4
Ekonomi
Akuntansi
S.1
Terakreditasi
Manajemen
S.1
Terakreditasi
5
Ilmu Kesehatan
Keperawatan
D.3
Terakreditasi
Kebidanan
D.3
Terakreditasi
6
Bahasa dan Sastra
Sastra Inggris
S.1
Terakreditasi
7
Teknik dan Ilmu Komputer
Arsitektur
S.1
Terakreditasi
Teknik Sipil
S.1
Terakreditasi
Teknik Informatika
S.1
Terakreditasi
Manajemen Informatika
D.3
Terakreditasi
Teknik Elektro
D.3
Terakreditasi
Teknik Mesin
D.3
Terakreditasi
8
Program Pascasarjana
Magister Pendidikan Islam
S.2
Terakreditasi
Magister Studi Islam
S.2
Terakreditasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *